RPP Bahasa Indonesia
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV(Empat) / 1(Satu)
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu :
A.
Standar
Kompetensi
Mendengarkan
1.
Mendengarkan
tentang petunjuk denah dan simbol daerah/lambang korps
B.
Kompetensi
Dasar
1.1
Membuat
gambar/denah berdasarkan penjelasan yang didengar
C.
Indikator
Membuat gambar/denah
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran,
siswa dapat membuat gambar/denah
E.
Metode
dan Model Pembelajaran
Ø Ceramah
Ø Tanya jawab
Ø Diskusi
Ø Penugasan
F.
Kegiatan
Pembelajaran
a)
Kegiatan
Awal
-
Presensi
-
Guru
menginformasikan materi yang akan dibahas
b)
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
-
Guru
membacakan penjelasan tentang petunjuk denah
-
Siswa
mendengarkan dengan saksama kemudian membuat denah berdasarkan petunjuk
tersebut
-
Guru
menyajikan sebuah denah dan siswa mengamati denah tersebut dengan saksama
Elaborasi
-
Guru
memberi penugasan kepada siswa yang berhubungan dengan materi yang telah
disampaikan
-
Siswa
mengerjakan tugas yang diberikan guru
Konfirmasi
-
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-
Guru
bersama siswa tanya jawab meluruskan kesalahan, memberikan penugasan, dan
penyimpulan
c)
Kegiatan
Penutup
-
Guru
dan siswa membuat kesimpulan hasil belajar
-
Guru
memberikan postest untuk mengetahui daya serap siswa
G.
Sumber
Belajar
Ø Buku paket
Bahasa Indonesia kelas 4
Ø Buku karakter
prima
H.
Penilaian
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
-Tes
Tulis
-Tugas
|
Soal Esai
Praktik
|
1. Apakah yang
dimaksud dengan denah
2. Apa saja
yang perlu diperhatikan saat mendeskripsikan tempat sesuai denah
1.Bagaimana
menjelaskan letak kantor pos berdasarkan denah dibawah ini?
|
Komentar
Posting Komentar